Kamis, 25 Agustus 2016

Kota Kediri







Kota Kediri adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kediri dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan industry rokok terbesar di Indonesia yaitu Gudang Garam. Nama Kediri berasal dari kata “KEDI” artinya mandul atau wanita yang tidak berdatang bulan dan “DIRI” yang berarti Adeg, Angdhiri, menghindari atau menjadi raja. Kota Kediri ini merupakan salah satu pusat kebudayaan utama bagi suku Jawa. Mayoritas penduduk Kota Kediri ini adalah suku Jawa, Tionghoa, Batak, Manado, Ambon, Madura, Sunda, dan Arab. Agama penduduk juga mayoritas beragama Islam, Kristen Protestan, Buddha, Konghucu dan lainnya. Tempat ibadahnya tentunya sangat gampang dicari karena banyak sekali Masjid, Klenteng, Pura dan Gereja.

Tentang bahasa Kota Kediri menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa formal, Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat, keluarga atau teman menggunakan Bahasa Jawa. Meskipun sebagian di Indonesia berbahasa jawa, bahasa setiap daerah itu berbeda dialek, contonya dialek Surabaya dan dialek Malang yang cenderung blak-blakan. Sedangkan bahasa jawa di Kota Kediri cenderung halus dari segi pemakaian kata dan penuturannya. Kota Kediri di pimpin oleh seorang wali kota dan wakil wali kota yang dipilih langsung oleh rakyat yaitu Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibbah.

Di bidang pariwisata Kota Kediri mempunyai tempat wisata alam, seperti Goa Selomangleng, wisata sejarah seperti Museum Airlangga, Klenteng Tjio Kiong, Dermaga Joyoboyo dan masih banyak lainnya, wisata Keluarga seperti Kolam Renang Pagora, Kolam Renang Tirtoyoso, Taman Sekartaji, wisata religi seperti Masjid Banjar Mlati, Masjid Agung, wisata kuliner seperti Pusat Tahu Takwa dan Gethuk Gedang. Dan juga ada berbagai pusat perbelanjaan seperti Mall dan Pasar. Banyak sekali akses-akses untuk mencari tempat hiburan. Oh iya Kota Kediri menerima penghargaan sebagai kota yang paling kondusif lohh… Sebagai seorang dari Kediri tentunya bangga dong.
Kota Kediri juga terkenal dengan keseniannya yaitu Seni Jaranan dan Kethek Ogleng. Tidak lupa Kota Kediri juga mempunyai monument “SLG” Simpang Lima Gumul yang menjadi ciri khas tersendiri dari Kota Kediri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar